TEXT



I made this widget at MyFlashFetish.com.


Jumat, 01 Juni 2012

KASI MAPENDA KEMENAG DELI SERDANG (DS) APRESIASI BUKA SEPATU DI MTs.'AISYIYAH SUMATERA UTARA


Gbr. Kasi Mapenda Menerapkan Strategi Pembelajaran Role Playing


MTs.'Aisyiyah Sumatera Utara (9/05) Kasi Mapenda  Kementerian Agama (KEMENAG) Kabupaten Deli Serdang Drs.H. Torang Rambe, M.Ag. Memberikan perhatian Penuh kepada Madrasah-madrasah yang ada di daerah Kepemimpinannya. Hal ini terlihat dengan beberapa kali Kasi Mapenda melakukan Turba (turun kebawah ) melakukan konsolidasi dan sedikit evaluasi dengan memberikan kontribusi positif demi kemajuan madrasah binaannya. Tak ketinggalan juga di MTs. ‘Aisyiyah Sumatera Utara,tak luput dari kunjungan  Kandidat Doktor Dari Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Sumatera Utara ini. Pada kehadiran beliau kali ini beliau langsung disambut Oleh Kepala Madrasah Tsanawiyah ‘Aisyiyah Sumatera utara Irfandi, S.Pd., M.Si dan juga Kepala MIS ‘Aisyiyah Sumatera Utara Zulkaidah Marpaung, S.Ag. Beliau yang berkunjung di damping oleh salah satu Staf Mapenda yang cukup senior Sanguk, SH. Setelah bebasa Basi sebentar Kasi langsung Melakukan Sidak terhadap Kamar Mandi Madrasah karna Beliau mengungkapkan bahwa setiap Pribadi Muslim Harus Suci dan Bersih jadi dengan melihat tempat bersuci Ummat Muslim itu kita bisa melakukan sebuah Penilaian apakah Orang Muslim tersebut benar-benar melaksanakan bersuci sebagaimana yang telah di tuntunkan Oleh Syariat Islam. Maka dari situlah aka nada implikasi antara kebersihan tempat bersuci dengan keimanan seseorang” Imbuhnya.
Setelah berdiskusi seputar kegiatan belajar mengajar kepala madrasah juga mendapat pengalaman yang cukup berharga dengan beberapa masukan dari kasi mapenda tentang tata ruangan yang harus mendukung dengan kebersihannya, selain itu Torang juga mengapresiasi dengan kegiatan buka sepatu ketika belajar yang dilakukan MTs. ‘Aisyiyah Sumatera utara karna ini juga merupakan sebauh manifestasi dari thaharah (bersuci) tadi jadi jangan hanya kebersihan dan bersuci ini sebatas rethorika t api harus aplikatif seperti ini”. Tandas Beliau. Menurut Kepala Madrasah hal ini diperbuat agar siswa benar-benar menjaga kebersihan sehingga suasana nyaman bersih ini juga akan berdampak pada kesehatan siswa selain itu kebersihan dikelas yang terjaga akan menjadi sebuah pembiasaan bagi siswa madrasah untuk melakukan kebersihan dimanapun dia berada. Karna sejak diterapkan seperti ini banyak diantara siswa yang muncul budaya malu pada dirinya, yaitu malu bila tidak bersih dan malu bila tidak menjaga kebersihan. Imbuhnya.
 Setelah memberikan masukan dan berdiskusi panjang torang juga tak luput untuk memasuki tiap-tiap kelas untuk melihat langsung Proses Belajar Mengajar (PBM). Kepala Madrsah yang di Dampingi TU Alimuddin HM, S.Pd membawa Kasi Mapenda Kekelas VIII A, disana beliau bercerita panjang tentang bagaimana pendidikan beliau di Yogya karta sambil Memotivasi anak-anak untuk giat Belajar. Tak lupa pula beliau menanyakan cita-cita masing-masing siswa sesekali menambahkan joke-joke sehingga siswa benar-benar rileks bercengkrama dengan Kasi Mapenda. Di akhir kelas beliau memotivasi pada anak-anak bahwa Madrasah Tidak hanya mempelajari Pelajaran-pelajaran Agama Saja akan tetapi semua pelajaran yang ada pada sekolah umum di Pelajari di Madrasah Bahkan Lebih di tambah lagi, jadi siswa harus bangga menjadi bagian dari madrasah dan tidak perlu minder. sebagai contoh pelajaran Bahasa kalau sekolah umum hanya belajar  bahasa Indonesia dan Inggris kebalikannnya bila di Madrasah tidak hanya belajar Bahasa Inggris dan bahasa Indonesia juga bahasa Arab di pelajari.
Pada akhir pertemuan beliau memberikan yel-yel kepada siswa untuk menambah semangat belajar anak-anak serta memompa kepedulian anak-anak terhadap pendidikan. Sehingga siswa benar benar termotivasi. Halini juga di ungkapkan oleh pasya salah seorang siswa yang sempat berdialog dengan pak kasi dia Berujar bahwa figure pak Kasi merupakan seorang yang Bersahaja (low Profile. Red)  karena sebagai pimpinan dia mampu masuk kebagian terkecil pada siswa kami Terkesan Imbuhnya.(Mts).

Tidak ada komentar: